Umroh Ramadhan Bersama Ainy Fauziyah

Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia. Setiap ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan, niscaya pahalanya akan dilipatgandakan. Inilah bulan untuk beramal sebanyak-banyaknya. Baik itu ibadah shalat, zakat, sedekah, infak, membaca Alquran, dzikir, shalawat dan lain sebagainya. Demikian juga dengan ibadah umrah.
Bagi mereka yang mampu, Ramadhan juga memberikan kesempatan untuk memetik suatu keistimewaan yang luar biasa melalui umrah Ramadhan. Karena keutamaan itu, Tak heran, banyak umat Islam dari seluruh dunia yang menyengaja mengerjakan umrah pada bulan Ramadhan. Umrah tersebut dapat dilaksanakan di awal Ramadhan, tengah Ramadhan, atau akhir Ramadhan.
Berikut ini adalah beberapa keutamaan umrah di bulan Ramadhan

  • Ada satu hadits Rasulullah yang masyhur dan shahih, ‘Barangsiapa yang umrah bersamaku di bulan Ramadhan nilainya sama dengan pergi haji bersamaku. (HR. Imam Bukhari dengan Fathul Baari 4/74 dll).’ “Jika bulan Ramadhan telah tiba, maka tunaikanlah umrah, sebab umrah di bulan Ramadhan menyamai ibadah haji.” (HR. Al-Bukhari no. 1782 dan Muslim no. 1258) Tetapi wajib diketahui, meskipun umrah di bulan Ramadhan berpahala menyamai haji, tetapi ia tidak bisa menggugurkan kewajiban haji bagi orang yang wajib melakukannya.
  • Di bulan Ramadhan, ada hari-hari yang kemungkinan turunnya Lailatul qadar. Jadi, selain setiap saat kalau beribadah dibalas dengan banyak kebaikan, ada kemungkinan bertemu satu malam yang nilainya lebih baik dari 1.000 bulan.
  • Bulan Ramadhan merupakan bulan istimewa. Setiap amal dilipatgandakan berlipat-lipat. Amalan yang bernilai sunnah, apabila dilaksanakan pada hari-hari Ramadhan maka pahala yang diperoleh senilai dengan amalan fardhu. Sedangkan amalan yang sifatnya fardhu apabila dilaksanakan pada bulan Ramadhan maka pahala yang diperoleh 70 kali lipat lebih besar dibandingkan apabila dilaksanakan pada hari di luar Ramadhan. Ramadhan juga merupakan kesempatan untuk memohon ampun atas segala dosa.