Jamaah Perempuan Diusulkan Mempunyai Waktu Khusus Mencium Hajar Aswad

posted in: berita | 0

4

Seorang anggota Dewan Syuro Arab Saudi telah mengusulkan bahwa harus ada waktu khusus yang diberikan bagi jamaah perempuan untuk mencium Hajar Aswad.

Usulan sang Dewan itu kini sedang dipelajari oleh Komite Urusan Islam di Dewan Syuro. Demikian berita yang dilansir Saudi Gazette (7/11).

Modhi Aldeghaither adalah sang dewan itu, ia mengusulkan untuk memberikan aturan waktu dalam mencium Hajar Aswad agar tidak berdesak-desakan, yang mengakibatkan banyak efek buruknya, terutama bagi jamaah perempuan.

Untuk menghindari hal itu, Modhi mengusulkan supaya waktu mencium Hajar Aswad dibagi menjadi tiga bagin dalam seharinya. Dan dalam setiap bagian itu ada jangka waktu dua jam yang harus diberikan bagi peziarah perempuan supaya memungkinkan dapat mencium Hajar Aswad. Apalagi biasanya peziarah perempuan lebih banyak daripada laki-laki.

Proposal itu diharapkan bisa menjadi kesepakatan bersama di kalangan panitia pengusul, sebelum didiskusikan lebih lanjut di antara Anggota Dewan Syura. Tujuannya proposal ini disetujui oleh kebanyakan Dewan Syuro, agar tak ada lagi korban bagi jamaah perepuan karena berdesak-desakan ketika hendak mencium Hajar Aswad. pada waktu Thawaf.

Sumber