Tips Ibadah Umrah Bagi Yang Baru Pertama Kali Menjalankan

posted in: berita | 0

umroh

Saat baru pertama kali menjalankan ibadah umrah, sebagian orang merasakan bingung dan penasaran dengan suasana dan kondisi di Tanah Suci. Banyak yang mempunyai anggapan di Tanah Suci dengan kondisi yang gersang dan lainnya yang sudah tertanam di benak calon jamaah.

Namun jangan perlu khawatir, buat calon jamaah yang mempunyai rencana untuk umrah dan ingin tahu apa sih yang semestinya dipersiapkan, berikut tips dan informasinya.

1. Luruskan niat

Calon jamaah umrah, sebaiknya dalam menjalankan ibadah umrah untuk meluruskan niat terlebih dahulu, sehingga ibadah umrah dilakukan semata-mata hanya karena Allah SWT. Hilangkan jauh-jauh niat untuk hal-hal duniawi seperti riya atau belanja banyak oleh-oleh. Bawa uang secukupnya saja sesuai kebutuhan. Ikhlaskan hati dan pasrah hanya kepada Allah karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi di Tanah Suci.

2. Pilih waktu yang Kosong

Biarpun umrah bisa dilakukan kapan saja selain musim haji, namun calon jamaah mesti jeli menentukannya agar bisa merasa aman dan nyaman sehingga ibadah berjalan lancar. Saat musim panas, yaitu antara bulan Juni – Agustus, temperatur di Mekkah bisa mencapai 450C. Sedangkan pada saat musim dingin, yaitu antara bulan November – Februari, temperatur malam hari mencapai 80C, sedangkan siang hari berkisar antara 380C – 420C.
Selain tahu kondisi temperatur di Mekkah, sebaiknya calon jamaah juga memperhatikan waktu-waktu yangcrowded atau ramai yaitu pada musim liburan dan ramadhan.

3. Pilih agen travel terpercaya

Calon jamaah umrah bisa mencari informasi agen travel dari saudara, teman, atau testimoni dari orang yang sudah pernah memakai jasa mereka. Jangan sampai kamu membayar mahal namun akomodasi yang kamu nikmati tidak sepadan. Kalau ingin fokus berumrah, lebih baik pilih paket travel reguler. Dengan begitu tidak perlu singgah kemana-mana, seperti Dubai, Turki, Mesir, dan Malaysia. Jadi hanya ke Mekkah saja. Setelah itu, bisa segera mempersiapkan semua dokumen yang diperlukan. Seperti paspor, foto close up, dan kartu kuning berisi vaksinasi meningitis.

4. Olahraga dan latihan fisik

Karena umrah masuk dalam kategori ibadah yang banyak menggunakan fisik, calon jamaah umrah disarankan untuk mulai latihan jalan kaki atau jogging. Calon jamaah umrah bisa melatih diri dengan melakukan olahraga ringan secara teratur agar tubuh terbiasa. Selain itu, mulailah untuk membaca dan mempelajari buku-buku umrah beserta doa-doa, shalat sunah.

5. Siapkan bekal dan perlengkapan

Misalnya, pakaian ihram, sandal/ sepatu, kaus tangan, kerudung panjang atau lebar, kaus kaki, face moisturizer, hand and body lotion, pakaian secukupnya, pakaian tidur, gamis atau pakaian panjang, mukena, sajadah, Al Quran, obat-obatan, multivitamin, pembalut untuk wanita, panty liner, kacamata hitam jika diperlukan, topi kecil, dan keperluaan pribadi. Selain itu, calon jamaah umrah boleh juga bawa kamera saku, colokan dengan 3 lubang, handphone, dan charger. Dengan begitu, calon jamaah umrah tidak akan kelimpungan untuk berkomunikasi dengan kerabat di tanah air.

6. Bawahlah uang secukupnya

Bawalah uang secukupnya, jangan sampai dengan membawa uang yang banyak malah akan membuat calon jamaah susah dan menjadi korban kejahatan dan ikutilah apa yang disarankan oleh para pembimbing ibadah saat di Tanah Suci.

Sumber