Normalisasi Kuota Haji Bawa Dampak Positif Berbagai Sektor Bisnis di Mekkah

posted in: berita | 0

Berbagai kalangan sangat merespon positif terhadap keputusan Pemerintahan Arab Saudi yang telah mencabut atau menormalisasikan kuota haji tanpa ada lagi pemotongan sebesar 20 persen. Salah satu kalangan menyambut gembira keputusan itu adalah para pelaku bisnis yang bergerak dipelbagai sektor di wilayah Saudi.

Menurut ketua Kamar Dagang dan Industri Mekkah Maher Jamal mengatakan bahwa keputusan itu akan banyak membawa manfaat pada bisnis yang ada di Mekkah, yang pada akhirnya juga membawa perekonomian Saudi menjadi lebih baik.

Misalnya ia percaya bahwa sektor perhotelan di Mekkah akan menjadi penerima manfaat terbesar dari keputusan itu. Diikuti oleh bisnis yang bergerak dalam transportasi, makanan dan katering, perdagangan eceran, merchandise, elektronik, dan semua penyedia layanan lainnya termasuk sektor kesehatan.

Untuk itu, Jamal menghimbau pemerintah agar terus berupaya meningkatkan fasilitas infrastruktur bagi para peziarah. Misalnya proyek Haramain Railway (atau Kereta Cepat) yang diharapkan akan mulai beroperasi tahun depan. Ini akan membawa pergeseran paradigma dalam transportasi haji antara kedua kota suci Mekkah dan Madinah.

Selain itu, seperti dikutip dari Saudi Gazette (11/1), pertumbuhan dalam transportasi udara antara Arab Saudi dan negara-negara lain juga diharapkan tumbuh besar, akibat dari peningkatan luar biasa dalam haji dan umrah.

Jamal juga melihat tingginya peran sektor swasta yang terlibat dalam urusan Haji dan Umrah ini. Banyak sekali pengusaha yang telah menginvestasikan uang untuk mendirikan berbagai proyek guna melayani para peziarah. Proyek ini termasuk pembangunan hotel dan pembelian bus modern.

Sumber