Kuota Haji & TKI Jadi Fokus Kerja Sama Indonesia-Arab

posted in: berita | 0

Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan pidato kehormatan di hadapan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Ruang Paripurna DPR RI, Kamis (3/2/2017). Di awal pidatonya,Novanto mengucapkan selamat datang untuk Raja Salman beserta delegasi di Indonesia. Novanto juga menceritakan sejarah kunjungan kehormatan Raja Arab Saudi sebelumnya, yakni Raja Faisal.

“47 Tahun yang lalu, di Gedung ini, DPR-GR menerima kunjungan kehormatan Sri Baginda Yang Mulia Raja Faisal bin Abdulaziz Al-Saud. Kini sejarah berulang kembali, setelah hampir setengah abad,DPR-RI kembali mendapat kehormatan dikunjungi oleh Khodimal Haramayn As-syarifain, Sri Baginda Yang Mulia Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud,” kenang Novanto dalam pidato sambutannya.

Dirinya melanjutkan, kunjungan kehormatan Raja Salman menandai babak baru hubungan Arab Saudi dan Indonesia, karena tidak hanya berlangsung di tingkat pemerintahan, melainkan juga terjalin hubungan persaudaraan yang sangat erat antara kerajaan Arab Saudi dengan rakyat Indonesia, khususnya umat Islam.

Ketua DPR RI sekaligus Ketua Umum Partai Golkar ini meminta tambahan kuota haji untuk umat Islam Indonesia dan akan direalisasikan oleh Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud. Setya Novanto mengatakan, bahwa di Indonesia, antrean untuk berhaji ada yang menunggu sampai lebih dari 25 tahun, bahkan ada yang wafat selama masa penantian.

“Diharapkan, dengan adanya penambahan kuota tersebut, umat yang ingin melaksanakan ibadah haji bisa lebih dipercepat sehingga tidak perlu menunggu dalam waktu yang lama,” tambahnya.

Sumber